Jumat, 22 Maret 2013

MULTIMEDIA DALAM PENDIDIKAN
 
Dengan manfaat yang diberikan multimedia manusia semakin sering berinteraksi dengan peralatan yang bisa disebut hardware dan aplikasi secara software. Kontribusi ini memberikan efek positif kepada konsumen yang menerima dan membutuhkannya.
 
 
Ada 3 tipe pemanfaatan multimedia pembelajaran.
Pertama, multimedia digunakan sebagai salah satu unsur pembelajaran di kelas. Misal jika guru menjelaskan suatu materi melalui pengajaran di kelas atau berdasarkan suatu buku acuan, maka multimedia digunakan sebagai media pelengkap untuk menjelaskan materi yang diajarkan di depan kelas. Latihan dan tes pada tipe pertama ini tidak diberikan dalam paket multimedia melainkan dalam bentuk print yang diberikan oleh guru.

Kedua, multimedia digunakan sebagai materi pembelajaran mandiri. Pada tipe kedua ini multimedia mungkin saja dapat mendukung pembelajaran di kelas mungkin juga tidak. Berbeda dengan tipe pertama,pada tipe kedua seluruh kebutuhan instruksional dari pengguna dipenuhi seluruhnya di dalam paket multimedia. Artinya seluruh fasilitas bagi pembelajaran, termasuk latihan, feedback dan tes yang mendukung tujuan pembelajaran disediakan di dalam paket.

Ketiga, multimedia digunakan sebagai media satu-satunya di dalam pembelajaran. Dengan demikian seluruh fasilitas pembelajaran yang mendukung tujuan pembelajaran juga telah disediakan di dalam paket ini.

Perbedaan yang muncul bila dibandingkan pemanfaatan media yang lain :
  • Memberikan pengayaan bagi siswa yang mahir
  • Memberikan support dan motivasi bagi siswa yang belum mahir
  • Memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuannya
  • Mudah bagi siswa untuk mengulang-ulang suatu proses
  • Memungkinkan interaksi yang lebih luas antara guru-siswa
Pengajaran langsung daripada guru tetap dikekalkan tetapi paket      multimedia boleh menyenangkan pengajaran terutamanya guru tidak perlu mengulang       penerangan jika pelajar tidak faham.
Menurut Sutopo (2003 : 23), komputer multimedia mulai mendapat perhatian pada saat digunakan untuk pelatihan atau pendidikan dari satu keadaan ke keadaan lain dengan siswa.
Beberapa contoh penerapan teknologi multimedia adalah :
• Internet
Multimedia di internet siaran langsung dari ribuan stasiun radio, melihat animasi bagaimana cara kerja sesuatu dan melihat video.
• Presentasi
Multimedia memungkinkan seorang presenter beralih dari overhead projector yang menampilkan gambar dan teks yang kaku kepada gambar bergerak, suara dan animasi untuk menghidupkan presentasi yang dibawakan.
• Kios
Kios yang interaktif dengan layar sentuh dapat menyediakan berbagai informasi dengan lengkap ditempat-tempat umum, misalnya informasi mengenai produk, informasi yang disajikan jauh lebih menarik bagi pengguna dibandingkan informasi yang tercetak.

• Tutorial
Multimedia dengan cepat telah menjadi dasar pelatihan berbasiskan komputer, sebagai contoh perusahan menyediakan tutorial yang interaktif bagi karyawan baru untuk mempelajari prosedur-prosedur di perusahaan.
• Online Reference

Daftar Pustaka
http://atiyah-apaaja.blogspot.com/2013/01/pemanfaatan-multi-media-untuk.html
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/04/pemanfaatan-multimedia-dalam-pembelajaran/
http://tututputranti.blogspot.com/2013/01/ulasan-artikel-tentang-pemanfaatan.html
http://pasca.tp.ac.id/site/pemanfaatan-multi-media-untuk-meningkatkan-kualitas-pendidikan
http://egakurniawan12.wordpress.com/2012/10/09/manfaat-multi-media-untuk-meningkatkan-kualitas-pendidikan/
http://blog.umy.ac.id/nurul/2012/11/15/pemanfaatan-multi-media-untuk-meningkatkan-kualitas-pendidikan/
http://apeace.web.id/pemanfaatan-multimedia-untuk-peningkatan-mutu-pendidikan/
http://multimediaang9.blogspot.com/2012/12/fungsi-multimedia-dalam-pendidikan.html
http://blog.binadarma.ac.id/deniboey/archives/1090
http://aufarkasyfitatsuya.blogspot.com/2012/12/multimedia-pendidikan.html
http://upiakminang.blogspot.com/2012/12/multimedia.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar