Jumat, 22 Maret 2013

      
PENGERTIAN MULTIMEDIA

 Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.

Multimedia dapat disajikan dalam beberapa metode, antara lain :

-    Berbasis kertas (Paper-based), contoh : buku, majalah, brosur.

-    Berbasis cahaya (Light-based), contoh : slideshows, transparansi.

-    Berbasis suara (Audi-based), contoh : CD Players, tape recorder, radio.

-    Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based), contoh : televisi, VCR (Video Cassete Recorder, film.
                -   Berbasis Digital (Digilatally-based), contoh : komputer.

Multimedia juga mempunyai  karakteristik, yaitu ada 2 bentuk :
  1. Bentuk Linier : Sebuah struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi sesuai urutan dari satu frame atau bite informasi ke yang lainnya.
  2. Bentuk No Linier : Struktur multimedia dimana pengguna bernafigasi secara bebas, tidak oleh rute yang ditentukan.
Multimedia (sebagai kata sifat) juga menggambarkan perangkat elektronik media yang digunakan untuk menyimpan dan mengalami konten multimedia. Multimedia dibedakan dari campuran media dalam seni rupa; dengan memasukkan audio, misalnya, memiliki lingkup yang lebih luas. Istilah "rich media"(media yang kaya) adalah sinonim untuk multimedia interaktif. Hypermedia dapat dianggap salah satu aplikasi multimedia tertentu.
Dengan menggunakan media maka informasi yang ditampilkan dapat lebih mudah untuk dimengerti oleh sasaran.Hal ini disebabkan pada saat informasi muncul di layar maka semua elemen dapat ditampilkan secara serempak pada waktu yang bersamaan.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.Sebuah informasi yang disajikan secara Multimedia akan lebih effektif dari pada hanya dengan 1 Media, karena dengan Multimedia informasi yang disampaikan lebih menarik  , dan lebih diperhatikan oleh target (human).

PENTINGNYA MULTIMEDIA 1, Menjadi pemicu pembaca memperoleh sesuatu yang lebih dibandingkan topik yang dipelajari.
2. Sangat efektif dalam penyampaian informasi

Definisi yang lain dari multimedia, yaitu dengan menempatkan dalam konteks, seperti yang
dilakukan oleh Hofstetter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) denganmenggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi,
berkreasi dan berkomunikasi.




Daftar Pustaka :
http://nikengita.blogspot.com/2012/05/pengertian-multimedia.html
http://komputertopan.blogspot.com/2011/12/pengertian-multimedia-dan-contohnya.html
http://archigakiarataka.blogspot.com/2012/05/pengantar-multimedia-pengertian.html
http://hvsuperman.blogspot.com/2012/09/pengertian-multimedia.html
http://ramacahaya.wordpress.com/materi-multimedia/pengertian-multimedia/
http://baetulzemme.blogspot.com/2012/09/pengertian-multimedia.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
http://cookies.web.id/2012/09/pengertian-mutlimedia-ilmu-komputer.html
http://merahputihmultimediasiji.blogspot.com/2011/10/pengertian-multimedia-menurut.html
http://jaelani29.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar